>

Guestbook Rolling Widget
"JANGAN TANYAKAN APA YANG SUDAH DIBERIKAN NAGARI UNTUK KITA, TAPI TANYAKAN APA YANG SUDAH KITA BERIKAN UNTUK NAGARI"
SELAMAT DATANG DI BLOG KARANG TARUNA IPCK 2009-2015 "ipck.blogspot.com"
"PEMUDA HARI INI ADALAH PEMIMPIN HARI ESOK" - "BERI AKU SERATUS ORANG TUA, AKAN KU ANGKAT GUNUNG SEMERU. BERI AKU SEPULUH ORANG PEMUDA, AKAN KU GENGGAM IBU PERTIWI"

Sejarah Singkat Berdirinya Karang Taruna Di Indonesia

Written by Ikatan Pemuda Canduang Koto Laweh 1 komentar Posted in:

Di Indonesia terdapat bermacam-macam organisasi kepemudaan. Ada organisasi yang bertaraf nasional, ada yang bertaraf regional, dan ada pula yang bertaraf lokal. Salah satu organisasi pemuda yang ada ialah Karang Taruna. Karang artinya tempat. Taruna artinya remaja atau pemuda. Jadi Karang Taruna artinya tempat kegiatan para remaja. Karang Taruna untuk pertama kalinya lahir pada tanggal 26 September 1960 di Kampung Melayu, Jakarta. Dalam perjalanan sejarahnya, Karang Taruna telah melakukan berbagai kegiatan, sebagai upaya untuk turut menanggulangi masalah-masalah Kesejahteraan Sosial terutama yang dihadapi generasi muda dilingkungannya, sesuai dengan kondisi daerah dan tingkat kemampuan masing-masing.

Pada mulanya, kegiatan Karang Taruna hanya sebatas pengisian waktu luang yang positif seperti rekreasi, olah raga, kesenian, kepanduan (pramuka), pendidikan keagamaan (pengajian) dan lain-lain bagi anak yatim, putus sekolah, tidak sekolah, yang berkeliaran dan main kartu serta anak-anak yang terjerumus dalam minuman keras dan narkoba. Dalam perjalanan sejarahnya, dari waktu ke waktu kegiatan Karang Taruna telah mengalami perkembangan sampai pada sektor Usaha Ekonomis Produktif (UEP) yang membantu membuka lapangan kerja/usaha bagi pengangguran dan remaja putus sekolah.

Organisasi ini didirikan dan dibina oleh Departemen Sosial. Karang Taruna terdapat hampir di seluruh Indonesia. Nama Karang Taruna disesuaikan dengan keadaan daerah masing-masing. Anggota Karang Taruna ialah para pemuda, terutama mereka yang putus sekolah dan tidak mempunyai pekerjaan. Di beberapa daerah anggota Karang Taruna adalah para pelajar. Mereka masih duduk di SMP atau SMA. Karang Taruna didirikan dengan tujuan memberikan pembinaan kepada para remaja, terutama yang putus sekolah dan menganggur. Jika tidak diberi tambahan pendidikan yang berupa berbagai ketrampilan, mereka dapat menimbulkan banyak masalah. Kenakalan remaja sampai pada tindak kriminalitas bisa dan mudah berkembang pada remaja yang menganggur. Melalui pendidikan Karang Taruna diharapkan para remaja memperoleh penyaluran. Mereka menjadi aktif dan produktif. Akhirnya mereka dapat hidup secara mandiri. Berbagai ketrampilan dipelajari dalam organisasi ini.

1 komentar:

  1. Unknown

    wow nice artikel gan thanks for share

    23 April 2015 pukul 03.14

Posting Komentar

 

Selamat Datang

Selamat datang di Blog IPCK Canduang - kami sangat menharapkan Anda berada di sini, dan berharap Anda sering datang kembali. Silakan berselancar di sini dan membaca lebih lanjut tentang Ikatan Pemuda Canduang Koto Laweh ( IPCK ) Canduang. Ada banyak hal tentang kami, Anda mungkin akan menemukan sesuatu yang menarik. Selengkapnya tentang IPCK

Sepintas Tentang Ismail Marzuki

Nama saya Ismail Marzuki, Saya Ketua Umum IPCK 2009-2015

Info
  • Ass... mohon ma'af pada seluruh pengunjung blog IPCK Canduang karena belum adanya perubahan pada blog ini dikarenakan kesibukkan pengurus dan minimnya peralatan.. ...wasalam...